Saat Anda ingin mengirimkan sebuah barang atau paket, pernah tidak untuk mencari tahu volume atau kubikasi yang mempengaruhi perhitungan biaya pengiriman ekspedisi?

Sesaat barang yang datang ke drop point baik ingin menggunakan ekspedisi darat, laut, atau udara pasti akan melewati proses timbang yang dihitung dalam satuan kilogram.

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Ongkos Kirim Ekspedisi

Tinggi rendahnya ongkos kirim barang biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya yaitu:

  1. Berat kotor barang atau berat paket beserta bungkusnya. Semakin berat paket Anda, maka harganya pun akan semakin tinggi.
  2. Volume barang yang dikirim apabila terlalu besar akan mempengaruhi ongkos kirim yang ikut naik pula. Ini dikarenakan pada saat proses trucking atau pengiriman ia banyak memakan tempat.
  3. Perhitungan berat vs volume. Dalam hal ini, jika volume barang lebih tinggi dari berat barang, maka akan diterapkan harga volume. Apabila lebih tinggi harga berat, maka biaya beratlah yang digunakan.

Cara Menghitung Volume dan Kubikasi

Ada dua perhitungan, yakni pertama jalur darat dan laut dan kedua hitungan untuk jalur udara. Lengkapnya simak di bawah ini.

  1. Ekspedisi Jalur Darat dan Laut

Apabila paket Anda itu besar dan tidak berat, maka akan dikenakan cara perhitungan volume. Bukan lagi timbang.

Mulanya, paket Anda akan ditimbang terlebih dahulu untuk mendapatkan beratnya. Misalnya saja sepuluh kilogram. Setelahnya paket akan diukur panjang, lebar, dan tingginya, contoh panjangnya 40 cm dengan lebar 40 cm dan tinggi 40 cm.

Setelah tahu ukurannya pegawai akan menghitung volumenya dengan rumus V = (P x L x T) : 4.000.

Volumenya yaitu (40 x 40 x 40) : 4.000 sama dengan 64.000 cm³ : 4.000 hasil akhirnya yaitu 16 kg. 16 kilogram inilah yang nantinya akan dikalikan dengan biaya pengiriman ekspedisi per kilogramnya yang ditentukan oleh ekspedisi.

Sedangkan perhitungan kubikasi umumnya dikenakan pada pengirim yang mengirimkan barang dalam jumlah banyak dan ingin mendapatkan harga murah dengan menggunakan kargo laut.

Namun, untuk menghitung biayanya, ada dua metode yaitu dihitung per ton atau per kubiknya.

Untuk menghitung kubiknya menggunakan rumus (P x L x T) : 1.000.000 = hasil.

  1. Ekspedisi Jalur Udara

Berbeda dengan perhitungan volume darat dan laut, rumus untuk menghitungnya yaitu V = (P x L x T) : 6000.

Volumenya yaitu 40 x 40 x 40 : 6.000 sama dengan 64.000 cm³ : 6.000 maka hasilnya yaitu 10,67 kg.

Jasa Ekspedisi Barang Murah

Bagi Anda yang pusing menghitungnya bisa memanfaatkan petugas yang ada di kantor untuk membantu menghitung. Di mana biaya kirim per kilogramnya dimulai dari Rp5.000,- cek tarif pengirimannya di websitenya Sentral Cargo.

Kami merekomendasikan Sentral Cargo sebagai ekspedisi pengiriman kepercayaan Anda karena Sentral Cargo berani menjamin keamanan dari paket Anda.

Bukan hanya itu, biaya yang ditawarkan sangat kompetitif dengan pelayanan ke seluruh nusantara. Sentral Cargo juga merupakan agen resmi di mana ia akan diprioritaskan pengirimannya sehingga menjamin efisien dan kecepatan layanan kirimnya.

Layanannya pun tak kalah lengkap, ada via darat, laut, dan terutama udara untuk pengiriman yang sulit dijangkau menggunakan dua layananan kirim lainnya.Dengan keunggulan di atas, yakin Anda tidak ingin mencoba barang sekali saja mengirim bersama Sentral Cargo? Tidak ada yang menjamin Anda tidak akan ketagihan saat dilayani Sentral Cargo. Ini karena pelayanannya terkontrol dengan baik dan tentunya dengan penawaran biaya pengiriman ekspedisi yang murah dibanding lainnya.