Cek ongkir ekspedisi – Fenomena belanja online yang kian merajalela tidak hanya menguntungkan pihak penjual dan pembelinya. Namun juga memberikan keuntungan bagi pihak pengiriman barang tersebut. Pasalnya dalam menjalankan bisnis online, jasa ekspedisi memang sangat dibutuhkan untuk mengantar barang dengan aman ke tangan para pembeli. Perlu diketahui, saat menggunakan jasa ekspedisi memang ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya ongkir atau ongkos kirim barangnya. 

Ongkir barang sangat berkaitan dengan tarif pengiriman berdasarkan berat dan kota pengiriman barang yang hendak dituju. Untuk mengecek ongkos kirim memang kini jauh lebih mudah, pasalnya rata-rata jasa ekspedisi telah memiliki website resmi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek ongkos kirim serta informasi lainnya. Lebih jelasnya mengenai cara cek ongkir ekspedisi, maka berikut ini akan diulas beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengecek ongkos kirim barang melalui jasa ekspedisi di Indonesia, yaitu:

Mengakses Website Resmi Ekspedisi

Apabila Anda sudah memilih jasa ekspedisi yang ingin digunakan, maka Anda bisa langsung mengecek ongkir barangnya. Untuk mengecek ongkir barang maka Anda perlu berkunjung ke website resmi jasa ekspedisi tersebut. Setelahnya Anda bisa mencari menu tarif kirim barangnya.

Mengisi Data Dan Masukan Kode Keamanan

Setelah Anda masuk ke menu tarif kiriman, maka Anda harus mengisi kota asal (origin) dan kota tujuan (destination). Selain itu, Anda juga harus memasukan perkiraan berat barang dalam satuan kilogram. Dengan begitu, pihak ekspedisi lebih mudah memberikan informasi terkait ongkos kirim barang kepada Anda. 

Untuk pengecekan ongkos kirim barang yang lebih akurat, sebaiknya Anda memeriksa apakah data yang telah dimasukan sudah sesuai ataupun ada kesalahan. Apabila Anda sudah memeriksanya, maka jangan lupa untuk mengisi kolom kode keamanannya. untuk memasukan kode keamanan cukuplah mudah, sebab Anda hanya perlu mengetik ulang kombinasi angka serta huruf yang muncul pada bagian atas kolom isian. 

Klik Tombol Cek Tarif

Bila sudah sampai ke tahapan ini, maka Anda bisa langsung klik tombol cek tarif. Setelahnya akan langsung muncul daftar ongkos kirim barang yang sesuai data yang telah Anda masukkan sebelumnya. Selain itu, Ada juga pilihan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih, mulai dari service reguler hingga ekspress. Apabila Anda memilih layanan pengiriman ekspress maka barang yang Anda kirimkan bisa tiba lebih cepat, namun untuk tarif yang dikenakan tentunya akan lebih mahal dibandingkan layanan pengiriman reguler.

Itulah beberapa cara mengecek ongkir barang melalui jasa ekspedisi. Perlu diketahui, setiap jasa ekspedisi memiliki tampilan website yang berbeda, sehingga Anda tidak perlu bingung jika proses pengecekan ongkir barangnya terkadang berbeda. Sebab jika tidak terlalu paham mengenai cara cek ongkir maka Anda bisa langsung menghubungi penyedia jasa ekspedisi tersebut. Untuk itu, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya, tunggu apalagi segera gunakan layanan ekspedisi pengiriman barang murah untuk mengirim barang lebih cepat dan terjangkau. Demikianlah, semoga ulasan mengenai cara cek ongkir ekspedisi di Indonesia tersebut dapat berguna dan menjadi sumber referensi terbaik bagi Anda semua.

Baca juga : Fasilitas Jasa Cargo Terpercaya yang Bisa Anda Pilih