Cek tarif pengiriman – Setiap orang pastinya sudah pernah melakukan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Sebelum memilih jasa pengiriman barang, pasti ada banyak hal yang telah Anda pertimbangkan termasuk masalah biaya atau tarif pengiriman. Seperti yang diketahui, tarif pengiriman satu penyedia jasa ekspedisi biasanya akan berbeda dengan tarif pengiriman oleh jasa lainnya sehingga Anda harus mempertimbangkan dan memutuskannya dengan hati-hati. Sebagai informasi tambahan, ada baiknya Anda menyimak ulasan penting yang berhasil kami rangkum berikut ini!

Faktor penentu tarif pengiriman

Secara umum, tidak ada ilmu pasti yang bisa menentukan tarif pengiriman barang karena semuanya akan tergantung pada jenis pengiriman yang dipilih. Hanya saja, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tarif pengiriman dan ada baiknya Anda memahami hal ini sebelum memilih layanan atau Jasa Ekspedisi incaran, yaitu:

  • Berat barang, di mana semakin berat barang atau paket yang dikirimkan maka semakin mahal tarif pengiriman yang dibebankan.
  • Jarak pengiriman, pada dasarnya semakin jauh tujuan paket dikirimkan maka semakin tinggi pula biaya pengiriman yang harus Anda sediakan.
  • Jenis layanan, paket yang dikirimkan menggunakan layanan ekspress biasanya biaya pengirimannya jauh lebih mahal dibandingkan paket reguler. Coba cek tarif pengiriman yang yang telah ditentukan layanan ekspedisi incaran Anda.
  • Transportasi yang digunakan, paket yang dikirimkan menggunakan jasa pengiriman udara sudah pasti lebih mahal biaya pengirimannya dibandingkan paket atau barang yang dikirimkan menggunakan transportasi jalur darat atau laut.

Cara mengetahui tarif pengiriman

Oleh perusahaan penyedia layanan pengiriman barang, terdapat dua jenis metode perhitungan volume barang yang digunakan selama ini, yaitu perhitungan berat sesungguhnya dan berat volume. Berikut ini penjelasannya untuk Anda yang membutuhkan!

  • Berat aktual (sesungguhnya)

Berat aktual ialah berat yang didapatkan dari hasil penimbangan real. Lazimnya di Indonesia penimbangan dilakukan menggunakan satuan kilogram. Ketika melakukan penimbangan barang, biasanya berat barang tidak menunjukkan berat bilangan bulat. Saat hal ini terjadi, layanan ekspedisi biasanya akan membulatkan berat barang ke atas. Misalnya berat 4.8 dibulatkan menjadi 5 kg.

  • Berat volumetrik (volume) 

Berikutnya ada penimbangan berdasarkan berat volumetrik atau volume. Berat ini biasanya diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan ukuran volume barang yang akan dikirimkan. Perhitungan ini dilakukan berdasarkan kondisi berat aktual barang ringan, akan tetapi memakan tempat atau volume yang besar. Biasanya, semakin besar volume muatan maka semakin tinggi pula tarif pengiriman yang dibebankan. Pastikan Anda telah mendiskusikannya dengan terbuka pada penyedia layanan ekspedisi.

Menggunakan layanan pengiriman barang merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dengan aman sampai tujuan, tidak mengeluarkan biaya besar, lebih hemat waktu dan tenaga. Hanya pastikan Anda tahu dan bisa mengandalkan layanan pengiriman barang terpercaya yang telah terbukti pengalaman dan kualitasnya. Mengenai tarif pengiriman barang, Anda bisa langsung cek tarif pengiriman pada laman resmi penyedia jasa.

Baca juga : Cara Memilih Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Di Era Saat Ini