Pernahkah Anda terpikir alasan tarif pengiriman barang pada jasa pengiriman barang berbeda untuk setiap jenisnya? Nah, ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi ongkos kirim barang pada jasa ekspedisi. Simak penjelasan singkatnya berikut ini!

Berat

Tarif pengiriman suatu barang ternyata juga dipengaruhi oleh faktor bobotnya. Semakin tinggi angkat kuantitas barang yang akan dikirim maka akan semakin tinggi pula biaya pengiriman yang dibebankan kepada pengirim. Selain itu tarif pengiriman juga bisa dipengaruhi oleh barang yang dikirim sebanyak satu kali atau lebih. Jika Anda tidak ingin merasa terlalu terbebani dengan tarif pengiriman yang terlalu berat, maka bisa memilih jasa pengiriman yang melayani berat khusu atau pengiriman cargo.

Hal ini dikarenakan pengiriman via cargo lebih ringan dan terjangkau di mana biayanya disesuaikan dengan kapasitas minimal berat yang sudah dikategorikan. Tidak heran ketika banyak yang lebih memilih jasa pengiriman kargo dibandingkan ekspedia konvensional lainnya. Hitung-hitung Anda bisa berhemat meskipun harganya tidak beda terlalu jauh.

Jarak Antar

Jarak antar barang yang dikirimkan juga berpengaruh terhadap biaya pengiriman. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka semakin tinggi pula ongkos kirim barang tersebut. Apalagi Anda mengirimkannya ke luar negeri, pasti lebih tinggi dibandingkan pengiriman domestik atau lokal. Lantas, bagaimana nasib Anda yang hobi belanja online? Jangan khawatir karena Anda akan dikenakan biaya khusus dimana ada beberapa toko yang memberikan promo potongan harga khusus biaya pengiriman.

Bahkan ada beberapa toko yang berusaha menarik minat konsumen dengan gratis biaya pengiriman. Hal itu menjadi tanggung jawab toko online tempat Anda berbelanja. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengurus perihal tarif pengiriman. Tinggal terima beres dan barang sampai di tujuan dengan selamat tanpa cacat dan kurang suatu apapun.

Jenis Pengiriman

Jenis pengiriman juga berpengaruh untuk tarif yang berlaku. Jenis paket pengiriman biasanya dibagi berdasarkan durasi atau lamanya waktu yang dihabiskan untuk pengiriman barang. Hal ini berlaku meskipun jarak dekat namun estimasinya lebih lama dan harganya lebih murah. Pengiriman ini biasanya digolongkan sebagai jenis pengiriman reguler. Lain halnya dengan pengiriman jarak dekat dalam waktu estimasi cepat sehingga disebut paket kilat dan lebih mahal ongkos pengirimannya.

Asuransi

Pengaruh biaya pengiriman juga bisa disebabkan oleh asuransi. Tak jarang barang yang dikirimkan via ekspedisi cargo diberikan asuransi oleh pengirim. Hal ini dilakukan apabila barang yang dikirimkan tersebut sangat berharga sehingga jika hilang atau rusak maka pihak ekspedisi bisa ganti rugi. Ini seperti jaminan keamanan pada barang karena terkadang ada jasa pengiriman yang tidak terlalu  maksimal dalam menjaga barang kiriman tersebut.

Sekian penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi ongkos kirim. Jika Anda ingin mengirim barang maka coba hubungi pihak Sentral Cargo. Biaya pengirimannya juga bisa di cek langsung melalui website maupun aplikasi. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Memilih Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Di Era Saat Ini