Jasa ekspedisi pengiriman barang murah sangat diperlukan dan akan sangat mendukung proses transaksi jual beli secara online yang tengah marak akhir-akhir ini di tengah masa pandemi Covid. Jasa EkspedisiĀ semakin dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi yang sering melakukan proses jual beli jarak jauh yang pada biasanya menggunakan media online berupa jaringan internet. Dengan makin bertambah seringnya orang Indonesia berbelanja online, maka lantas makin banyak juga transaksi jasa pengiriman barang yang terjadi. Trend tersebut bukan hanya membantu pembeli saja, tapi juga bagi penjual online nya. Berikut cara memilih jasa dengan ongkos kirim murah.

Tarif Penawaran Biaya Jasa Ekspedisi yang Terendah

Bisa dicari informasi sebanyak-banyaknya dan dibandingkan penawaran tarif yang ada. Namun jangan terpaku dengan hanya rendahnya penawaran ongkos kirim per Kg nya, tapi cermati juga dengan syarat-syarat ataupun ketentuan tarif lainnya yang dapat berbeda-beda antar jasa ekspedisi barang yang satu dengan jasa ekspedisi barang yang lainnya. Hal-hal faktor penentu besaran tarif pengiriman atau ongkir (ongkos Kirim) tersebut antara lain ialah sebagai berikut ini.

Tarif Pengiriman per Kg

Sepanjang kualitas pengiriman serta  fasilitas lainnya setara, maka bisa dipilih jasa ekspedisi yang menawarkan tarif ongkir yang paling rendah.

Tarif Minimal Ongkir (Ongkos Kirim)

Lalu perhatikan juga tentang besaran ketentuan minimal ongkirnya. Pada umumnya jasa ekspedisi pengiriman barang menetapkan tarif minimal ongkir sebesar 1 kg. Jadi jika barang yang akan dikirim tersebut beratnya kurang dari 1 kg maka biaya kirimnya ialah minimal sebesar tarif kirim untuk berat sebesar 1 kg. Pilih jasa ekspedisi pengiriman barang murah yang menerapkan ketentuan tarif minimal biaya kirim yang serendah mungkin. Hal ini lebih menguntungkan terutama apabila barang yang hendak dikirim dan apalagi sering dikirim itu beratnya secara rata-rata adalah dibawah satu kg.

Metode Perhitungan Tarif

Lalu cermati metode ataupun sistem dan cara perhitungan tarifnya, yakni terutama terkait dengan sistem pembulatannya. Apabila berat barang yang hendak dikirim lebih dari 0,5 kg maka biasanya akan dilakukan pembulatan ke atas hingga menjadi dihitung senilai 1 kg  namun ada juga beberapa jasa ekspedisi pengiriman barang yang menerapkan pembulatan ke bawah. Dengan begitu maka jika berat barangnya melebihi kurang dari 0,5 kg maka akan dilakukan pembulatan jadi 0, yakni pembulatan ke bawah. Tapi bisa saja suatu jasa ekspedisi menghitungnya secara tepat tanpa adanya pembulatan dalam perhitungan pengenaan tarifnya. 

Bereputasi Bagus dan Profesional

Meski tarif jasa ekspedisi yang ditawarkan itu murah tapi jika kualitas pengirimannya buruk, barang sering terlambat sampai atau bahkan salah kirim atau rusak baik sebagian maupun seluruhnya atau justru hilang baik sebagian atau seluruhnya maka penawaran tarif yang murah tadi menjadi sia-sia dan tak berarti lagi. Reputasi jasa ekspedisi bisa diketahui dari dari testimoni atau review dari para pelanggan atau bisa juga dengan mengeceknya dengan mencari berbagai berita terkait baik lewat internet secara online maupun secara offline dari kabar dan cerita teman kerabat atau berita di surat kabar atau majalah dan lain sebagainya. Hal ini penting terutama bagi yang akan mengirim barang yang sangat penting, barang yang tak ternilai harganya semacam dokumen penting yang tak ada duanya, juga bagi pengirim yang akan secara rutin menggunakan jasa ekspedisi dalam bisnisnya, yang harus menjaga kepuasan pelanggannya, demi keberlangsungan bisnisnya.

Memilih ekspedisi pengiriman barang murah ini penting terutama bagi para penjual online karena sebagian besar transaksi jual beli secara online tersebut akan gagal hanya gara-gara biaya tarif ongkos kirimnya yang dirasakan oleh calon pembeli sebagai terlalu mahal. Sentral Cargo menyediakan jasa ekspedisi yang murah berkualitas dan bergaransi, murah tapi tidak murahan.

Baca juga : 7 Manfaat Gunakan Jasa Pengiriman Barang Antar Propinsi