Perkembangan belanja online sekarang semakin pesat. Bagaimana tidak, kemudahan pengiriman barang menjadi salah satu alasannya. Belum lagi, sudah banyak jasa pengiriman barang yang menjangkau hingga ke pelosok negeri. Bukan hanya untuk belanja online saja, bahkan jasa juga menyediakan jasa pengiriman barang pindahan rumah. Jadinya, Anda tidak perlu repot lagi untuk membawa barang banyak, terlebih pindahannya di luar pulau, namun mungkin yang masih menjadi pertanyaan adalah tarif jasa pengiriman barang,

Murah atau mahal biaya pengiriman barang?

Berbicara tentang tarif sendiri, setiap jasa pengiriman barang ekspedisi memiliki biaya berbeda – beda. Biaya tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya. Murah tidaknya barang yang akan Anda kirimkan tentu dikarenakan ada beberapa hal berikut ini.

  1. Berat barang

Berat barang menjadi faktor utama dalam penentuan biaya jasa pengiriman barang. Untuk masalah berat sendiri biasanya dihitung dengan dua cara, yakni berat sebenarnya dan berat dimensi. Biasanya untuk berat sebenarnya, berat barang yang akan dikirimkan akan dibulatkan ke atas. Misalnya, 1,5 kg akan dihitung 2 kg, tetapi untuk 1,1 hingga 1,4 kg tetap dihitung 1 kg.

Sedangkan berat dimensi merujuk pada volume barang yang dikirimkan. Biasanya tarif ini berlaku untuk jasa pengiriman barang Besar. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi kemudian dibagi 4000 untuk service standard. Jadi misalnya Anda mengirimkan tumpukan baju dalam kardus besar dengan panjang 40 cm lebar 15 cm dan tinggi 15 cm, maka biaya pengiriman adalah (40x15x15)/4000 = 2,25 kg.

Maka dari itu, untuk menentukan berat barang selain mengukur beratnya pertimbangkan juga dimensinya. Perlu diketahui bahwa biasanya hasil dimensi lebih besar dibandingkan berat akan dimasukkan sesuai dimensi bukan berat sebenarnya. Pastikan selalu Anda mengukur dan menimbangnya dengan benar dan aktual.

  • Jenis layanan

Hal lainnya yang menentukan biaya jasa pengiriman barang Indonesia adalah jenis layanan yang diberikan. Ada empat layanan yang bisa dipilih, yakni melalui darat, laut, udara atau antar moda. Untuk pengiriman melalui darat adalah pengiriman paling murah, tetapi waktu sampainya juga lebih lama. Biasanya truk menjadi alat transportasi untuk pengirimannya. Tidak menuntut kemungkinan kereta juga digunakan. Selanjutnya, pengiriman laut bisa menjadi lebih mahal. Biasanya layanan ini di tujuan untuk pengiriman antar pulau dan tempat terpencil.

Sedangkan, pengiriman udara menjadi paling mahal karena estimasi sampai ke tempat tujuan juga lebih cepat dibandingkan lainnya. Pengiriman udara sendiri menggunakan pesawat kargo serta pesawat penumpang bagian kompartemen bagasi. Terakhir, pengiriman antar moda yang menggabungkan beberapa metode pengiriman. Biasanya mengacu pada kontainer khusus yang kemudian dipindahkan pada kapal, truk atau kereta api.

  • Alamat tujuan

Alamat tujuan menjadi faktor utama penentuan biaya pengiriman barang. Biasanya hal ini dihitung sesuai jarak dari alamat yang dituju. Untuk tarif sesuai alamat pun juga berbeda, tergantung pulau mana dan apakah terpencil atau tidak. Biaya pengiriman dari Jakarta menuju ke Papua saja bisa sampai 300 ribu per kilonya, itupun untuk layanan standar, yakni menggunakan jalur udara. Jadinya pertimbangkan untuk pengiriman barang yang terlalu jauh. Tentunya, jasa pengiriman barang ke Indonesia dari luar negeri juga cukup mahal.

  • Biaya tambahan lainnya

Biaya tambahan juga harus diperhitungkan dan bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tarif jasa pengiriman barang. Biaya tambahan yang dimaksud adalah biaya untuk kemas ulang dan asuransi. Contohnya saja, Anda mengirimkan TV dan menginginkan untuk tambahan packing kayu dan asuransi. Tentu saja, akan ada tambahan biaya jasa pengiriman barang elektronik.

Untuk perhitungan packing kayu sendiri biasanya berat dimensi ditambah 1. Sedangkan untuk asuransi tergantung jenis barang dan harga dari barang yang akan dikirimkan tersebut. Menambahkan asuransi tidak ada salahnya untuk dilakukan. Pasalnya, asuransi akan menjamin barang yang Anda kirimkan sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan tanpa ada cacat atau kerusakan.

Simulasi hitung biaya jasa pengiriman barang

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa pengiriman barang, mungkin simulasi ini bisa membantu.

Anda akan mengirimkan sebuah Mac Book seharga 10 juta dari Batam menuju Jogja menggunakan jasa pengiriman barang Batam. Mac Book tersebut dimasukkan ke dalam sebuah kardus berukuran 30 cm x 15 cm x 5 cm. Kemudian Anda menginginkan Mac Book tersebut di packing kayu dan juga asuransi. Untuk berat Mac Book sendiri adalah 1,8 kg atau 2 kg. Jenis layanan yang diinginkan adalah layanan standar. Untuk biaya kirim dari Batam ke Jogja sendiri berkisaran 43 ribu per kilonya.

Maka yang harus Anda hitung pertama kali adalah berat dimensi, yakni (30x15x5)/4000= 2,25 kg. Dengan tambahan biaya packing kayu, yakni berat asli ditambah 1 kg. Jadinya 2 kg + 1 kg = 3 kg. Untuk biaya packing kayu sendiri adalah 11 ribu untuk 3-4 kg. Dengan tambahan asuransi untuk jasa pengiriman Jogja. Asuransi sendiri didapatkan dari 0.2% dari harga asli ditambah 5 ribu untuk biaya administrasi.

Jadi biaya asuransinya adalah 0.2% x 10.000.000 + 5.000= 25.000. Oleh karena itu total biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman barang dari Batam ke Jogja adalah (2 x 43.000) + 11.000 + 25.000 = 122.000.

Itulah biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin mengirimkan barang berharga, seperti elektronik. Perlu diketahui biaya di atas hanya perkiraan saja. Pasalnya, terkadang setiap jasa pengiriman barang POS misalnya juga memiliki perhitungan yang berbeda. Selain itu, layanan yang dipilih juga mempengaruhi harga pengiriman.

Tips biaya pengiriman barang murah

Kesimpulannya murah dan mahalnya biaya jasa pengiriman barang online tergantung akan jenis barang yang akan Anda kirimkan. Selain itu, jenis layanan dan alamat yang dituju. Maka dari itu, pastikan bahwa apakah barang yang dikirimkan berharga atau tidak sehingga tidak perlu lagi packing kayu dan asuransi. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat biaya pengiriman lebih murah.

Salah satunya adalah cari tahu alamat yang akan dituju. Mulai dari kecamatan, kota hingga provinsi. Hal ini untuk menentukan jenis layanan yang akan Anda gunakan. Contohnya saja, pengiriman barang ke luar pulau, Anda bisa menggunakan jenis layanan yang paling murah. Tetapi ada risiko yang harus ditanggung, yakni estimasi kedatangan yang lebih lama.

Selain itu, kemas barang seminim mungkin agar biaya tidak terlalu mahal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa berat barang akan dibulatkan ke atas. Jadi misalnya, kalau Anda kirim barang dengan berat 1,5 kg, maka akan dihitung 2 kg. Mungkin hal ini akan merugikan Anda karena harga kirim menjadi double. Pertimbangkan juga dimensi karena dimensi lebih besar dari berat sesungguhnya akan digunakan hitungan dimensi sebagai tarif jasa pengiriman barang.

Baca juga : Tips Mengirim Barang Dengan Tarif Ekspedisi Paling Murah